Istilah Dalam Akuntansi

Ada beberapa istilah umum yang sering kita jumpai dan perlu kita ketahui dalam akuntansi.  Berikut  ini adalah beberapa istilah terkait dalam tahapan sebelum membuat laporan keuangan.


Rekening
Rekening adalah pos-pos yang digunakan untuk menyimpulkan seluruh kenaikan dan penurunan untuk harta tertentu, seperti kas, atau harta lain, hutang dan modal, pendapatan dan biaya. Rekening disebut juga sebagai akun, atau perkiraan atau account ( Inggris)


Contoh rekening yang paling sederhana adalah rekening tabungan Anda dibank. Namun dalam akuntansi lebih banyak lagi rekening - rekening lain, seperti persediaan, modal, dll
Pencatatan transaksi ini digolongkan ke dalam kelompok rekening yang sesuai agar dapat dibuat ringkasan, yang kemudian disajikan ke dalam bentuk laporan keuangan.


Jurnal
Jurnal adalah rekaman dari suatu transaksi keuangan yang dibuat berdasarkan urutan kejadiaannya, informasi yang diperlukan dalam membuat jurnal adalah rekening yang menjadi bagian transaksi, nilai transaksi debit atau kredit. Contoh jurnal yang paling sederhana adalah jurnal umum, jurnal khusus dll.


Buku Besar
buku besar adalah buku khusus untuk mencatat transaksi yang terjadi per akun di akuntansi atau per bagian di akuntansi. Contoh: buku besar Kas yang berisi saldo kas. Proses pencatatan setelah jurnal umum.


Neraca Saldo (Trial Balance) 
Neraca saldo ialah suatu daftar yang berisi saldo-saldo sementara setiap akun buku besar pada suatu saat tertentu. Neraca saldo biasanya disusun pada akhir periode akuntansi, yang bertujuan untuk memeriksa kesamaan jumlah saldo debet dengan saldo kredit. Neraca berbentuk suatu daftar yang di dalamnya berisi nama perusahaan, neraca saldo, periode akuntansi, dan format dengan lajur (kolom) terdiri dari no. akun, akun, debet dan kredit.


Setiap akhir periode (akhir tahun) perusahaan wajib menyusun laporan keuangan, sekurang-kurangnya laporan laba-rugi dan neraca. Untuk mengikhtisarkan semua data akuntansi diperlukan suatu kertas kerja (Worksheet).

Kertas Kerja (Worksheet)
Kertas kerja merupakan suatu lembaran berlajur yang dirancang untuk mengikhtisarkan semua data akuntansi sehingga memberikan gambaran tentang laba-rugi perusahaan serta saldo harta, utang dan modal perusahaan (10 kolom).

Jurnal penyesuaian
Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam akun sehingga saldo mencerminkan jumlah yang sebenarnya.

Jurnal Penutup
Jurnal penutup adalah pencatatan pemindahan saldo akun nominal (sementara) berupa pendapatan dan beban ke akun modal melalui ikhtisar laba/rugi, serta pemindahan saldo akun prive ke akun modal.

Fungsi Jurnal Penutup:
a. Menghitung jumlah laba/rugi dari akun pendapatan dan beban.
b. Memindahkan (menolkan) saldo akun sementara ke akun modal untuk pencatatan periode berikutnya.
c. Menghitung modal akhir periode.

Akun yang perlu ditutup
Sebagaimana yang telah Anda ketahui sebelumnya bahwa ada beberapa akun yang biasanya perlu ditutup pada akhir periode, yaitu:
a. Akun pendapatan.
b. Akun beban.
c. Akun ikhtisar laba/rugi atau saldo laba/saldo rugi.
d. Akun prive.

Neraca Saldo setelah penutupan
Neraca Saldo setelah penutupan adalah neraca saldo yang disusun setelah akun nominal ditutup atau di-nol-kan saldonya dengan cara membuat jurnal penutup.
Jadi Neraca Saldo setelah penutupan berisi akun-akun riil saja, (harta, utang dan modal) dan berguna untuk memeriksa keseimbangan jumlah saldo debet dengan kredit akun-akun buku besar setelah dilakukan penutupan. Neraca Saldo setelah penutupan diperlukan sebelum proses akuntansi periode berikutnya.

Related Posts (Artikel Terkait).....