STRATEGI MENGHADAPI UJIAN AKHIR NASIONAL (UN)


Ujian akhir nasional (UN) merupakan suatu tahapan akhir yang wajib dilalui oleh setiap siswa setelah selama beberapa tahun menempuh pendidikan di sekolah sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 
Berbagai upaya dan strategi dilakukan secara intensif baik oleh para guru di sekolah maupun para siswa dan orang tua, mulai dari diadakan pelajaran tambahan, les privat ataupun dengan strategi lainnya yang semuanya bertujuan agara siswa dapat lulus ujian nasional dengan nilai yang memuaskan. 
Dalam menghadapi ujian akhir nasional, para siswa maupun guru sebetulnya tidak perlu khawatir selama proses belajar yang dilakukan sudah tepat. Berikut beberapa tips untuk menghadapi ujian nasional agar berhasil dengan baik:
  • Buatlah rangkuman materi-materi inti dan penting ujian nasional secara lengkap sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing.
  • Pelajari semua materi tersebut dengan baik dan harus lebih banyak berlatih mengerjakan soal-soal latihan.
  • Carilah soal ujian nasional tahun-tahun sebelumya dan pelajarilah dengan cara mengerjakan soal-soal UN tersebut.
  • Berusahalah untuk mengerjakan soal-soal latihan tanpa tergantung/melihat kuncinya karena akan melatih anda untuk berfikir secara maksimal sambil mengukur seberapa besar penguasaan materi anda.
  • Kembangkanlah soal-soal ujian nasional tahun sebelumnya sesuai dengan SKL, karena kemungkinan soal yang akan muncul nantinya akan berbeda.
  • Semakin sering dan semakin banyak soal latihan yang anda kerjakan maka akan semakin terasa mudah dan cepat dalam mengerjakan soal-soal. 
  • Jangan pernah merasa bosan untuk mengerjakan soal-soal latihan.
  • Tips yang terakhir yaitu siapakanlah mental anda dalam menghadapi ujian nasional dan yakinlah pada kemampuan diri sendiri serta jangan lupa memohon kekuatan-Nya.
Untuk melatih kemampuan dan kesiapan anda dalam menghadapi ujian nasional, silahkan uji coba tes online un disini:  LATIHAN SOAL UN ONLINE

Selamat belajar dan semoga berhasil.....

Related Posts (Artikel Terkait).....