Contoh Model Silabus


Dalam menyusun silabus dapat memilih salah satu format yang ada di antara dua format di bawah.

 


Format 1

SILABUS

Nama Sekolah           :  SD ... 
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/semester         : IV/2
Standar Kompetensi :  2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi Dasar     :  2.3  Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
Alokasi Waktu           :  12 x 35 Menit

Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
·   Mencari hubungan cara memproduksi  “tahu” Kediri  pada masyarakat  masa lalu dan masa kini
·   Membuat dan membaca diagram/grafik tentang proses memproduksi ”tahu” Kediri dari kekayaan alam yang tersedia
·   Menganalisis bahan baku yang dapat diolah menjadi beberapa jenis ”tahu” Kediri
·   Membandingkan jenis-jenis teknologi untuk produksi yang digunakan oleh masyarakat pada masa lalu dan masa sekarang.
·   Membuat diagram alur tentang proses produksi dari kekayaan alam yang tersedia



·   Menganalisis bahan baku untuk produksi barang



Tes tertulis:
Uraian tetang Perkembangan teknologi produksi













4 x 35 menit
·   Gambar alat produksi ”tahu”
·   Pabrik tahu
·   Buku IPS kelas IV semester 2
·Majalah/ koran/ media elektronik


·   Melakukan pengamatan alat-alat teknologi komunikasi yang digunakan masyarakat Kediri pada masa lalu dan masa kini
·   Memberikan contoh/mende- monstrasikan cara-cara penggunaan alat teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa kini
·   Membandingkan alat-alat teknologi komunikasi yang digunakan masyarakat pada masa lalu dan masa kini.


·   Menunjukkan cara penggunaan alat teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang.



Non tes:
Lembar pengamatan
3 x 35 menit
·  Gambar-gambar alat komunikasi
·  Buku IPS kelas IV semester 2
·Majalah/ koran/media elektronik


·   Memberikan contoh jenis-jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa kini
·    Melakukan pengamatan jenis-jenis teknologi transportasi di Kediri pada masa lalu dan masa kini
·   Mendiskusikan perbedaan jenis-jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa kini
·   Membandingkan jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekarang.

Tes tertulis:
Bentuk uraian tentang teknologi transportasi
5 x 35 menit
·  Gambar-gambar alat transportasi
·  Buku IPS kelas IV semester 2
·Majalah/ koran/ media elektronik
·Lingkungan sekitar


·    Bercerita tentang pengalaman mengguna kan teknologi transportasi

·   Menceritakan pengalaman menggunakan teknologi transportasi





Catatan : Pengambilan karakteristik daerah Kediri pada kegiatan pembelajaran di atas hanya sebagai contoh. Sekolah pada daerah lain harus menyesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing.



Format 2
SILABUS

Nama Sekolah   : SMP ...
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/1

 

I.   Standar Kompetensi       : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, dan bernegara.

II.  Kompetensi Dasar              : 1.1. Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan, yang berlaku dalam masyarakat
III.  Materi Pokok/Pembelajaran : Sikap positif terhadap norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku di  masyarakat
IV. Kegiatan Pembelajaran       : Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
§  Mencari informasi dari berbagai sumber tentang kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
§ Mencari informasi dari berbagai sumber tentang adat-istiadat yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
§  Mencari informasi dari berbagai sumber tentang peraturan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
§   Mendiskusikan perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat Minang Kabau
§   Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat Minang Kabau
§   Membuat laporan
V.  Indikator                            : ¢  Menjelaskan pengertian norma-norma dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
§  Menjelaskan pengertian kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
§  Memberi contoh norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan, yang berlaku dalam masyarakat
§  Menunjukkan sikap mematuhi norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam  masyarakat

VI. Penilaian                           : ¢ Tes tertulis dalam bentuk uraian

                                               ¢ Perilaku siswa dalam bentuk laporan

VII. Alokasi Waktu                     : 4 x 40 menit

VIII. Sumber Belajar                   : ¢    Buku Teks PKn Kelas VII
                                                ¢     Perpustakaan
                                                ¢     Narasumber


G.  Pengembangan Silabus Berkelanjutan

Dalam implementasinya,  silabus dijabarkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, dilaksanakan, dievaluasi, dan ditindaklanjuti oleh masing-masing guru.

Silabus harus dikaji dan dikembangkan secara berkelanjutan dengan memperhatikan masukan  hasil evaluasi hasil belajar, evaluasi proses (pelaksanaan pembelajaran),dan evaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran.  
  (Panduan Penyusunan KTSP-BSNP)

Related Posts (Artikel Terkait).....