Strategi untuk Meningkatkan Minat Baca di Kalangan Masyarakat

Hasil penelitian yang dilakukan beberapa pihak menunjukkan bahwa minat baca di kalangan masyarakat Indonesia masih tergolong rendah, baik di kalangan pelajar maupun masyarakat pada umumnya. Kondisi tersebut tentunya sangat bertolak belakang dengan sebuah pendapat bahwa salah satu kunci keberhasilan seseorang adalah dengan rajin membaca buku yang notabene adalah sumber ilmu pengetahuan yang terpercaya bagi masyarakat. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan kita semua, tidak hanya bagi kalangan dunia pendidikan dan pemerintah melainkan juga masyarakat pada umumnya.
Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca bagi siswa maupun masyarakat pada umumnya :

1. Penyediaan Sarana Perpustakaan yang Memadai.
Tersedianya sarana perpustakaan yang cukup memadai baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat misalnya di lingkungan keluarga atau tingkat RT merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Perpustakaan merupakan sebuah tempat yang disitu meyediakan berbagai macam jenis referensi bacaan yang tentunya harus sesuai dengan kebutuhan serta kondisi lingkungan masyarakatnya.

2. Promosi Gerakan Gemar Membaca
Salah satu cara promosi yang selama ini telah dilaksanakan oleh pemerintah adalah dengan penyediaan fasilitas perpusatakaan keliling, yaitu dengan mobil. Namun saat ini jumlahnya masih sangat terbatas dan belum dapat menjangkau semua tempat atau daerah. Untuk itu pemerintah ataupun swasta diharapkan dapat meningkatkannya.

3. Pemberian Apresiasi atau Penghargaan Kepada Pihak-pihak yang Peduli
Selama ini sebetulnya telah ada beberapa pihak yang sangat peduli terhadap peningkatan minat baca di kalangan masyarakat, baik itu individu maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan mendirikan perpustakaan di beberapa tempat. Sudah sepantasnya mereka diberikan perhatian dan apresiasi atas perjuangan mereka dalam upaya meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat dengan menyediakan fasilitas perpusatakaan gratis, misalnya dengan memberikan bantuan berupa buku ataupun dana untuk mendukung dan meningkatkan kuantitas serta kualitas perpustakaan.

4. Pemberian Apresiasi Kepada Masyarakat yang Rajin Membaca.
Apresiasi yang diberikan dapat berupa pemberian piagam penghargaan ataupun berwujud hadiah lainnya kepada anak-anak atau masyarakat yang rajin meminjam dan membaca buku/bacaan di perpusatakaan, baik di sekolah maupun di lingkungan masyakat. Hal ini diharapkan akan dapat memotivasi masyarakat yang lain untuk ikut serta rajin membaca buku.

5. Pemberian Tugas di Kalangan Pendidikan
Strategi yang terakhir tersebut dapat dilakukan oleh para guru ataupun dosen dengan cara memberikan tugas kepada siswa/mahasiswa untuk mencari sumber  referensi lain mengenai suatu topik materi kuliah atau pelajaran. Dengan cara tersebut siswa ataupun mahasiswa akan berusaha untuk mencari sumber referensi tersebut dari banyak sumber buku, sehingga diharapkan wawasan dan pengetahuan mereka akan semakin berkembang.

Semoga beberapa tips sederhana di atas dapat bermanfaat bagi upaya peningkatan minat baca di kalangan masyarakat kita.

Related Posts (Artikel Terkait).....