RPP BERKARAKTER (EKSPLORASI, ELABORASI & KONFIRMASI)

Berikut ini adalah salah satu contoh RPP EKONOMI SMA yang berkarakter:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                          : SMA FONS VITAE 2
Mata Pelajaran                                                : Ekonomi
Kelas / Semester                                            : X (sepuluh) / 1
Alokasi Waktu                                                 : 3 x 45 menit

A.        Standar Kompetensi:
  1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan  kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

B.      Kompetensi Dasar         :
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.

C.    Indikator :
1.         Mendeskripsikan pengertian kebutuhan secara rinci.
2.         Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3.         Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
4.         Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5.         Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6.         Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.         Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan secara rinci.
2.         Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
3.         Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
4.         Siswa dapat mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
5.         Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
6.         Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

E.    Materi Ajar
Kebutuhan manusia

F.    Strategi Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran               : Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2. Pendekatan Pembelajaran         : konstruktivisme

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a.         Apersepsi
Guru mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan atau melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b.         Motivasi
Pemenuhan kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan hidupnya.
2. Kegiatan inti
a.    Eksplorasi
Kegiatan
Alokasi waktu
Keterangan
a.    Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b.    Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
c.    Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
d.    Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.
e.    Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
f.      Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
g.    Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.

20 menit


b.         Elaborasi
Kegiatan
Alokasi waktu
Keterangan
Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.

20 menit


c.         Konfirmasi
Kegiatan
Alokasi waktu
Keterangan
Guru memberikan penekanan hasil diskusi dan diinformasikan kepada seluruh peserta didik
10 menit


3. Kegiatan Penutup
Kegiatan
Alokasi waktu
Keterangan
  1. Peserta didik merangkum materi dengan dipandu oleh peserta didik.
  2. Peserta didik melakukan refleksi dan evaluasi
  3. Peserta didik diberikan PR
10 menit



H.    Alat dan Sumber Belajar
a. Alat dan Media
·                Alat                  : Laptop, LCD
·                Media               : Power point, LKS, modul
b. Sumber Belajar
·                Buku paket        : LKS EKONOMI X
·                Buku referensi   : EKONOMI X

I.           Penilaian
a.    Teknik Penilaian
·                Tugas kelompok : penilaian proses, karakter dan ketrampilan sosial
·                Tugas Individu   : penilaian kognitif
b.    Bentuk Instrumen
·                Pedoman observasi
·                LKS
·                Soal uraian
c.    Instrumen Evaluasi :
No.
Indikator
Soal
Kunci jawaban
Skor max
1.

Mendeskripsikan pengertian kebutuhan secara rinci.

Jelaskan pengertian kebutuhan!
Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia untuk mempertahankan hidup.
5


2.
Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
Sebutkan jenis kebutuhan !
Kebutuhan primer, skunder, tersier
5
JUMLAH SKOR MAX
10
NILAI SISWA = (JUMLAH SKOR/10) x 100


           


           Mengetahui                                                                                    Jakarta, 11 Juli 2011                   
       Kepala Sekolah SMA ..................                                                      Guru Mata Pelajaran




....................................................                                                   ...........................................

Related Posts (Artikel Terkait).....